Tak Perlu Lagi Elpiji Dengan Biogas , Suyasa melaporkan untuk NTD News dari Bali.

Tak Perlu Lagi Elpiji Dengan Biogas





Kekhawatiran akan melambungnya harga elpiji dan minyak tanah tidak dirasakan oleh Wayan Sutri, warga Dusun Penyabangan, Desa Kerta, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali. Pasalnya ia dan puluhan warga di desa ini, telah mengolah kotoran ternak mereka menjadi biogas untuk memasak.

Berawal dari pengetahuan suaminya tentang cara mengolah kotoran ternak menjadi biogas, Wayan Sutri sudah dua tahun menggunakan gas metan ini untuk memasak.

[Wayan Sutri, Pengguna Biogas]:
"Semenjak memakai biogas ini saya merasa aman sekali, soalnya dari pengeluaran saya sehari- hari itu bisa berkurang untuk membeli gasnya itu."

Pengolahan biogas yang dilakukan Wayan Sutri cukup sederhana. Ia hanya membutuhkan kubah reaktor dari beton yang berkapasitas 6 kubik, lubang masuk (inlet) yang berdiameter 50 centimeter, pipa air dan kompor khusus biogas.

Sejak menggunakan biogas, Sutri tak lagi membeli gas elpiji untuk memasak. Selain menghemat pengeluaran juga aman dipakai.

Pemanfaatan biogas sebagai gas untuk memasak menjadi pilihan bagi para petani. Selain hasil ternak, mereka juga mendapatkan sumber energi yang ramah lingkungan.

Suyasa melaporkan untuk NTD News dari Bali.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...